Menjadi Vegetarian

memang sangat lezat rasanya memakan daging hewan darat maupun hewan air. itulah sebabnya mengapa pemakan daging lebih banyak dari vegetarian. tapi taukah kalian ?, bahwa dibalik kelezatan daging tersebut ada "harga" yang harus dibayar mahal. sebagian orang telah salah pengertian dalam menilai kandungan gizi yang didapat dari menjaedi vegetarian. banyak orang menganggap bahwa pemakan daging lebih kuat daripada seorang vegetarian, asupan protein lebih banyak diterima oleh pemakan daging, dan lain sebagainya. sebenarnya, menjadi seorang vegetarian memiliki manfaat yang lebih banyak bagi tubuh kita sendiri, bagi lingkungan, dan juga bagi masa depan bumi kita.


pertama saya akan memecahkan pendapat orang tentang lebih baik mengkonsumsi daging.

1. protein makanan daging lebih tinggi dari makanan apapun?

bila dibandingkan dengan keju atau kacang - kacangan maka daging hanayalah tergololong makanan berprotein sedang yang jumlahnya tidak melebihi 25%.


2. daging mengandung lebih banyak vitamin dan mineral?

sejak di bangku Sekolah Dasar pun kita sudah dikenalkan tentang macam - macam vitamin dan mineral dan asalnya. makanan nabati memiliki 12 vitamin dan mineral bahkan melebihi dari yang terkandung pada daging. susu merupakan penghasil vitamin B 12 bagi tubuh kita.


3. pemakan daging jauh lebih kuat dibandingkan vegetarian?

sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor irving fisher menyatakan bahwa daya tahan tubuh vegetarian lebih baik daripada seorang pemakan daging. dan dengan bukti lain bahwa banyak pelari jarak jauh yang melakukan diet vegetarian sebelum melakukan perlombaan.


4. cita rasa daging jauh lebih nikmat dibandindkan makanan nabati?
bayangkanlah, ada berapa jenis daging yang bisa anda makan? dan khususnya bagi umat muslim hanya sedikit jenis daging yang boleh dinikmati. sedangkan makanan nabati memiliki beraneka ragam cita rasa karena begitu banyaknya sumber makanan nabati di bumi ini. benar tidak?


5. vegetarian tidak cocok bagi orang yang ingin menggemukan badan?
no no no no..memang untuk membuat badan menjadi lebih berisi, membutuhkankan zat lemak. tetapi sebenarnya lemak yang dihasilkan oleh daging bisa menyebabkan orang menderita kegemukan karena lemak yang berlebih sehingga tubuh tidak bisa mengubahnya menjadi kalori, sebaliknya, lemak tersebut menumpuk didalam tubh kita.

ya, itu tadi dari masalah kesehatan bagi tubuh kita. belum lagi dari masalah lingkungan. berikut penjelasannya.

1. untuk memproduksi 1 kg daging membutuhkan setidaknya lebih dari 500 galon air tepatnya 2500 galon air = 9000 liter air. wow!!! hebat! untuk keperluan mandi, mencuci, dan memasak saja sudah sangat sulit untuk mendapatkan air bersih. khususnya di daerah - daerah terpencil yang tidak terurus oleh Pemerintah. bahkan di perkotaan pun suplai air bersih dari PDAM sering " ngadat"!
2. setiap tahunnya banyak hutan yang dibuka menjadi lahan peternakan. padahal hutan sangat dibutuhkan untuk mengurangi efek pemanasan global.
3. untuk memproduksi 1 kg daging, membutuhkan berkilo - kilo gandum untuk pakan ternak. bayangkan jkika gandum tersebut diberikan kepada rakyat miskin di dunia ini, pasti lebih bermanfaat bukan?.
4. hasil limbah dari peternakan tergolong sangat tinggi dan menambah gas rumah kaca.

sebagai tambahan, memanggang atau membakar daging dapat menimbulkan zat kimia (methylcholanthrene ) yang meenyebebkan kanker ganas. bagi penggemar sate atau daging setengah matang lainnya sebaiknya berhati - hati, khususnya bagi para wanita. karena daging yang masih setengah matang bisa berpotensi mengandung parasit tokso. memang tokso tidak berdampak apa - apa pada orang sehat. tokso menyerang janin pada wanita hamil.
dan lagi berbagai penyakit kronis disebabkan oleh makanan daging.

memang sangatlah sulit mengubah kebiasaan menjadi seorang vegetarian, setidaknya cobalah menajadi seorang "semi-vegetarian" yang memakan daging lebih sedikit dbanding rata - rata orang lain pada umumnya. atau menjadi "pescetarian". pescetarian sama dengan vegetarian, tetapi juga memakan daging ikan dan menghindari daging - daging peternakan. menjadi vegetarian yang dilakukan dengan teratur bisa menghasilkan yang lebih bauk dibandungkan menjadi pemakan daging. tetapi yang perlu diingat, pola makan vegetarian haruslah teratur!
lakukan sekarang untuk kepentingan masa depan!

semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

5 Responses
  1. rhan alicia Says:

    nice info..^^

    hewan-hewan ternak kalo baca post ini jg pasti seneng..hehe

    keep blogging !
    GBU..


  2. Manatap Says:

    Wah info yang berguna, mas pasti vegetarian ya... Kalo saya fruitarian mas...?! Kayak kelelawar aja he..he..he..

    Nice post sobat, goooodd...


  3. yeri frizard Says:

    rhan alicia:hehe,, ga cuma seneng, pasti aku diangkat jadi duta hewan..wkwkwkwk..
    thank you..

    manatap: sebenernya baru mencoba jadi vegetarian sih..karena ada di perantauan, jadi ya mau ga mau menu makannya mengikuti daerahnya. palagi penduduk dsini kurang suka makan sayur. lebih condong ke daging terutama olahan daging kambingnya yang terkenal.." sate madura". haha..

    thank you bro..


  4. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.


  5. hank you, your experience is quite encouraging to me. I think this is the best option for me at the moment.


Get it

Greenpeace Brighter Planet's 350 Challenge
Reviewmu.com