Manfaat Garam

Garam memiliki banyak manfaat loh dan peranan penting di kehidupan. Bahkan salah satu kepercayaan menyebutkan ' jadilah garam dan terang dunia '. bukan cuma ibu - ibu aja yang akrab dengan garam, kita sebagai pecinta alam ( harusnya ) juga akrab karena selain penting sebagai bumbu masakan, garam juga penting loh untuk tubuh, dan yang lebih penting lagi, garam sangat bermanfaat saat kita sedang camping. Ya bukan cuma untuk masak aja tentunya. Mau tau apa? Baca dulu deh disini.



1. Sebagai obat
- Diare mungkin saja bisa kita alami saat kita camping, apalagi jika menggunakan air yang keruh untuk keperluan masak. Garam bisa mengobati diare loh, cukup d campurkan di air masak lalu diminum. Ya sebagai pengganti oralit jika tidak ada.

- garam juga bisa sebagai alternatif obat luka bakar. Taburkan garam pada daerah baru saja terkena api atau air panas atau benda panas lainnya. Taburkan secepat mungkin, semakin banyak ditabur semakin bagus karena garam menyerap air dari pori-pori yang keluar akibat luka tersebut. Tetapi jangan menaburkan garam jika luka tersebut sudah menggelembung atau terbuka duluan,karena akan menyebabkan tambah perih dan sakit.

2. pengusir hewan liar
Garam dipercaya bisa mengusir hewan-hewan liar yang mungkin mendekati camp kita bahkan mendekati tenda kita seperti ular misalnya. Taburkan garam disekitar tenda untuk mencegah ular mendekati kita, tapi perlu diperhatikan, ada semut yang suka terhadap garam!

3. Mencuci perlengkapan masak
Garam juga bermanfaat untuk menghilangkan kerak hitam pada pantat panci. Campurkan air cuka dan garam lalu gosok dengan kain atau daun kering pada panci tersebut. Selain mengkilap, garam juga menghilankan bakteri bakteri dan jamur yang mungkin ada pada perlengkapan masak.

4. Melepaskan gigitan lintah atau pacet
Pacet atau lintah sangat senang ditempat yang lembab. Apabila kita melakukan perjalanan di daerah lembab, ada baiknya kita menyiapkan garam dibotol semprot. Saat pacet menggigit,maka akan sangat sulit melepaskannya. Semprotkanlah garam pada pacet tersebut,maka dengan sendirinya pacet tersebut melepaskan gigitannya.

5. kesehatan
Dan tentunya garam baik untuk kesehatan. Garam sangat baik untuk kesehatan gigi dan mata. Tapi jangan membiasakan diri untuk mengkonsumsi garam terlalu banyak saat melakukan perjalanan jauh. Karena akan mempercepat dehidrasi.

Bila digunakan dengan benar, garam akan sangat bermanfaat bagi kita. Tapi bila digunakan berlebihan juga akan menimbulkan bahaya bagi kita. Untuk itu, gunakanlah secukupnya sesuai kebutuhan kita.

2 Responses
  1. Bimasava Says:

    Wow nice info... Ternyata garam juga banyak gunanya ya. Baru tau loh... Sepertinya anda telah banyak makan asam (cuka) garam nih...Keep blogging...


  2. yeri frizard Says:

    hello pak bim..
    wah lama tak berjumpa rasanya..

    hehehe..klo kbanyakan makan asam garam ya mati pak bim..
    thanks pak bim..
    happy blogging too..


Get it

Greenpeace Brighter Planet's 350 Challenge
Reviewmu.com