Avignam Jagat samagram

Apa itu Avignam Jagat Samagram?? Mungkin banyak anggota Pecinta Alam yang tidak tahu maknanya,khususnya bagi orang awam. Avignam Jagat Samagram diambil dari bahasa sansekerta yang artinya "Damailah bumiku dan seisinya",ada juga yang mengatakan "Semoga selamatlah alam semesta". Apapun pengertiannya, disini kita bisa mengambil makna bahwa kita harus menjaga dan melestarikan alam beserta isinya. Slogan ini banyak dipakai oleh komunitas pecinta alam dan badan SAR nasional tentunya.

Kita semua sebagai warga Indonesia tahu bahwa negeri kita sangat kaya akan kekayaan alam yang terbentang hampir dari seperempat panjang garis khatulistiwa. Hutan yang hijau dan lautan biru yang luas inilah menarik perhatian para penjajah datang ke nusantara. Namun, kenyataan yang bisa kita lihat sekarang, eksploitasi telah menguasai dan merusak anugerah terindah tersebut. Setiap tahun luas hutan berkurang berhektar-hektar jumlahnya, laut makin tercemar oleh berbagai macam limbah. Ironisnya usaha untuk menjaga dan melestarikan kembali berbanding sangat jauh dengan eksploitasi yang telah dilakukan.

Ada sebab, pasti ada akibat. Inilah fenomena yang kita lihat sekarang. Bencana banjir dan tanah longsor yang tiada henti menyerang negeri kita dan menyisakan duka bagi sebagian orang. Untuk itu, Avignam Jagat Samagram bukanlah untuk beberapa komunitas atau segelintir orang saja. Tapi, tanamkanlah pada diri kita masing-masing. Lestari !!!.

3 Responses
  1. Bimasava Says:

    Nice post... Mengajak orang untuk menyayangi bumi tempat kita pijak ini. Menarik. Keep post bro.


  2. yeri frizard Says:

    hi bima..
    thankyou, help me to tell this to all people..
    mari jaga dan lindungi bumi kita, rumah kita, surga kita di dunia..


  3. Arif Says:

    kenapa harus pakai bahasa sanskerta?
    ini yg q bingung dr dulu wktu q naik g.lawu ada tulisan avignam jagat samagram di bawah tiap2 pos..... bkin q bingung apa arti tulisan itu.


Get it

Greenpeace Brighter Planet's 350 Challenge
Reviewmu.com